Beranda Kriminal Kedapatan Simpan Sabu, Dua Sekawan Divonis 4 Tahun

Kedapatan Simpan Sabu, Dua Sekawan Divonis 4 Tahun

111
0

PALEMBANG– Dua orang remaja masing-masing Dedi Saputra (19) warga lorong Muba Kecamatan Kemuning dan M Iqbal (20) Warga jalan Sukabangun II Kecamatan Sukarame dijatuhi Vonis selama 4 Tahun dan hukum denda sebesar 1 millyar subsider 3 bulan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palembang Kamis (6/9).

Menurut Majelis Hakim yang diketuai Hakim Yosdi bahwa kedua terdakwa yang merupakan sahabat karib ini terbukti memiliki, menyimpan , menguasai narkotika Golongan I bukan tanaman sebagaimana dakwaan jaksa penuntut umum pasal 112(1)UU No 35/2009 Tentang Narkotika.

Lebih lanjut Ketua Majelis dalam pertimbangannya bahwa dari keterangan para saksi termasuk anggota kepolisian yang melakukan penangkapan, menerangkan dihadapan majelis hakim dipersidangan Pengadilan Negeri Palembang.

Dimana kedua terdakwa ditangkap pada 25 Maret 2018 sekitar 16.00 WIB sedang melintas di Jalan Betet Kecamatan Ilir Timur II dengan menggunakan kenderaan sepeda motor Mio Soul. Dikatakan saksi dihadapan majelis keduanya saat melintas dengan sikap mencurigakan.

Lalu laju kederaan terdakwa dihentikan dan melakukan pengeledahan dan ditemukan satu paket sabu seberat 0,044 gram. Menurut pengakuan kedua kepada pihak polisi yang menangkap bahwa sabu tersebut didapatkan dengan cara membeli kepada Pak Boy (DPO)seharga 100 ribu rupiah. Barang narkoba jenis sabu yang dibeli tersebut digunakan untuk dikonsumsi.

Dari keterangan para saksi tersebut dan barang bukti sabu 0,044 gram ini kedua terdakwa mengakui dan membenarkan semua keterangan para saksi.

Berdasarkan keterangan para saksi dan barang bukti majelis hakim berkeyakin bahwa kedua terdakwa telah terbukti bersalah melakukan melakuka tindak pidana narkotika tanpa hak dan majelis sependapat dengan pasal yang dituntutkan JPU.yakni pasal 112(1) jo pasal 132 UU.NO.35/ 2009.

Karena unsur unsur dakwaan pasal yang didakwaan ditelah terpenuhi namun majelis hakim mempertimbangkan hal yang memberatkan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dan hal yang meringankan terdakwa berlaku sopan dan menyesali perbuatannya.

Sehingga “kami majelis hakim memutuskan dan menjatuhkan vonis kepada keduanya dengan pidana masing masing selama empat tahun,” ujar Yosdi kepada tedakwa yang didampingi pengacaranya Gustini.

Atas vonis tersebut ketua majelis,Yosdi mengatakan kepada para terdakwa dan jaksa penuntut umum diberikan kesempatan untuk pikir pikir di berikan waktu selama satu minggu. Akan tetapi baik para terdakwa dan JPU sepakat menyatakan menerima.

Karena para terdakwa dan jaksa Erwin telah menyatakan sikap menerima putusan vonis ,” maka perkara pidana terdakwa Dedi Saputra dan M.Iqbal Sanjaya dinyatakab selesai dan berkekuatan hukum tetap,” terang Yosdi.

Sementara pengacara Kedua terdakwa Usai persidangan mengatakan pihaknya sebagai pendamping para terdakwa tidak bisa untuk mengambil sikap sendiri, karena itu hak kedua terdakwa,namun ” kami sudah berjuang untuk membela hak hak terdakwa sehingga vonis lebih ringan dari tuntut jaksa,” ungkap Gustini.

Dikatakannya bahwa tuntutan JPU. ERWIN itu telah menuntut masing masing dengan pidana selama 5 Tahun dan denda sebesar Rp.1 millyar subsider 6 bulan.”karena vonis sudah dikurangi maka kami dan kedua terdakwa menyatakan menerima,”jelas Gustini.(Rah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here