Beranda Ruang Sidang Terbukti Miliki Sabu, IRT Divonis 5 Tahun

Terbukti Miliki Sabu, IRT Divonis 5 Tahun

176
0

PALEMBANG– Karena Terbukti memiliki, menyimpan dan menguasai narkotika jenis sabu-sabu seberat 1,6 gram, seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) bernama Elazairi (41) warga jalan PSI Lautan divonis 5 tahun dan denda sebesar Rp 800 Juta Subsider 3 bulan penjara dipersidangan Pengadilan Negeri Palembang Senin(14/1).

Vonis yang dibacakan oleh ketua majelis Othnar Simarmata SH menyatakan bahwa terdakwa telah terbukti secara sah melakukan pidana narkotika sebagaimana didakwakan pasal 112 ayat (1) UU No. 35/2009 tentang Narkotika. “Dimana terdakwa berdasarkan keterangan para saksi dan terdakwa sendiri di persidangan telah mengakui bahwa pada tanggal 16 september 2018 selitar pukul 14.00 Wib terdakwa telah ditangkap oleh anggota kepolisian dari unit narkoba Polresta Palembang” jelas Majelis Hakim.

Pada waktu ditangkap ditempat kediaman terdakwa, lanjut Majelis Hakim, telah ditemukan barang bukti berupa sabu seberat 1,6 gram dan diakui oleh oleh terdakwa. “Atas fakta fakta itu majelis hakim menyatakan bahwa terdakwa telah terbukti mengusai menyimpan dan narkotika golongan Satu bukan tanaman berupa sabu” ungkapnya.

Karena unsur unsur pasal 112(1) UU.NO.35/2009 telah terpenuhi, majelis telah mempertimbangkan hal hal yang meringan terdakwa berlaku sopan dan menyesali perbuatan. Serta terdakwa adalah seorang ibu rumah tangga.
Sedangkan yang memberatkan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dan juga meresahkan masyarakat.

“Atas pertimbangan diatas, kami Majelis Hakim menjatuhkan vonis kepada terdakwa dengan pidana selama lima tahun penjara dan denda sebesar delapan ratus juta subsider tiga bulan penjara,” jelas Othnar dihadapan terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum.

Selain itu ketua majelis juga memerintahkan kepada jaksa agar terdakwa tetap berada dalam tahanan. Dan vonis yang diterima supaya dikurangkan dengan masa penahanan sementara. Sedangkan barang bukti sabu yang dirampas oleh negara untuk dimusnakan.

Kemudian Ketua Majelis memberikan kesempatan kepada jaksa dan terdakwa untuk menyatakan sikap, apakah menerima atau menolak. Karena tuntutan Purnama Sopyan selaku Jaksa penuntut umum telah menuntutnya terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama delapa tahun dan denda sebesar delapan ratus jutah rupiah subsider enam bulan penjara.

Atas kesempatan yang diberkan majelis hakim ini baik Jaksa Penuntut umum maupun terdakwa sama sama menyatakan pikir pikir.” Maka sidang dinyatakan selesai dan ditutup”, terang othnar.(Rah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here