Beranda Daerah Hadapi Arus Mudik, Dinkes Muara Enim Siagakan Tenaga Kesehatan

Hadapi Arus Mudik, Dinkes Muara Enim Siagakan Tenaga Kesehatan

79
0

MUARA ENIM– Menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H, banyak warga sudah mulai melakukan aktivitas tahunan berupa mudik ke kampung halaman. Untuk persiapan menghadapi arus mudik yang diperkirakan akan mencapai puncaknya beberapa hari lagi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Muara Enim menyiagakan tenaga kesehatan di pos pengamanan dan pos pelayanan terpadu bergabung dengan petugas TNI, Polri dan instansi lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, dr Vivi Mariani saat dikonfirmasi Senin (27/5) mengatakan, petugas kesehatan di setiap posko disiapkan minimal enam orang atau lebih. Mereka bertugas secara bergantian selama 24 jam. “Jadi enam orang petugas kesehatan dibagi menjadi tiga shift. Per shift-nya sebanyak dua orang,” kata Vivi

Disebut Vivi, tenaga kesehatan yang disiagakan tersebut berasal dari sejumlah puskesmas yang tersebar di Bumi Serasan Sekundang. Kemudian, sejumlah rumah sakit dilibatkan sebagai tempat rujukan untuk kasus kegawatdaruratan.
Selain siagakan petugas kesehatan, di setiap posko mudik juga di standby-kan satu unit mobil ambulan yang diambil dari puskesmas terdekat dari lokasi posko.

“Mobil ambulan dipinjam dari puskesmas, karena saat ini setiap puskesmas rata-rata sudah memiliki dua unit ambulan. Sisa satu ambulan lagi siaga di puskesmas,” terang Vivi Maryani

Disamping posko, sebanyak 22 puskesmas yang ada di Kabupaten Muara Enim juga dibuka selama 24 jam. Baik petugas kesehatan maupun mobil ambulan standby.

“Semua puskesmas buka sebagai bentuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar maupun pemudik yang membutuhkan penanganan medis,” katanya.

Ditanya soal daerah rawan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Muara Enim? Vivi menyebut ada tiga kecamatan, yakni Tanjung Agung, Gunung Megang, dan Gelumbang. “Berdasarkan pengalaman dari tahun ke tahun, ketiga kecamatan ini yang rawan kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya. (Nda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here