Beranda RILIS MUBA Dodi Reza Salurkan Bantuan Terdampak Covid-19 Untuk 86.099 KK Warga Muba

Dodi Reza Salurkan Bantuan Terdampak Covid-19 Untuk 86.099 KK Warga Muba

10
0

 

SEKAYU– Pemerintah kabupaten Musi Banyuasin yang di komandoi Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin berkomitmen dan konsisten hadir untuk masyarakat demi penanganan, dan, penanggulangan serta pencegahan penyebaran wabah Covid-19 atau virus Corona di Muba dari berbagai sisi.

Hal ini, disampaikan langsung oleh Bupati Muda, berprestasi, perhatian dan memiliki jiwa kepedulian yang sangat luar bisa pada warganya.

Bahkan untuk memastikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa Tahun 2020 ini sampai ke tangan warganya, Bupati bergelar doktor keluaran dari Universitas Padjadjaran ini, saat ditengah mewabahnya virus Corona hadir langsung ke Desa Baru Jaya Kecamatan Jirak Jaya dan menyerahkan bantuan secara simbolis tersebut kepada warga, Senin (11/05/2020).

Dalam kesempatan ini, Bupati DRA tidak lupa selalu berpesan jaga selalu kebersihan dan kepada seluruh masyarakat yang bepergian ke daerah terjangkit ataupun baru pulang, agar secara jujur harus melaporkan kepada Lurah, Kades ataupun kepada petugas Puskesmas terdekat, sehingga data kita komplit dan akurat, Kepada masyarakat di perantauan agar jangan pulang kampung dulu, sehingga kita nantinya dapat memutus mata rantai penyebaran virus ini, dan yang paling penting jangan lupa berdoa kepada Allah SWT agar wabah ini cepat berlalu.

Selain itu, Dodi juga mengatakan bahwa Pemkab Muba akan terus melangkah dan berupaya semaksimal mungkin untuk meringankan beban ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini.

Lanjutnya, penyerahan Bansos hari ini serentak yang bersumber dari bantuan Kemensos dan Kemenses diperuntukan bagi 86.099 KK; terdiri dari 81.758 KK yang tersebar di 227 Desa dan 4.341 KK tersebar di 13 Kelurahan.
Bansos yang distribusikan ke 81.758 KK di 227 Desa antara lain:
1. Bansos Penerima Keluarga Harapan (PKH), nilainya variatif per bulan untuk 17.545 KK, 2. Bansos Sembako/BPNT, Rp.600.000 untuk 16.435 KK selama 3 bulan, 3. Bansos BLT Kemensos, Rp.600.000 untuk 7.530 KK selama 3 bulan, 4. Bansos BLT Dana Desa, Rp.600.000 untuk 40.248 KK selama 3 bulan
Untuk bansos PKH, BPNT Sembako, dan BLT Kemensos yang akan didistribusikan di 13 Kelurahan sebanyak 4.341 KK ditambah bansos APBD dengan kuota 10.000 KK senilai Rp.600.000 selama 3 bulan disiapkan oleh Pemkab Muba dan akan disalurkan secara bertahap sambil menunggu proses verifikasi dan validasi data KK di Lapangan.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin juga menyiapkan bansos APBD senilai Rp.600.000 selama 3 bulan untuk 5.000 KK terdampak Covid-19 di luar penerima manfaat PKH, BPNT, BLT Kemensos, dan BLT Dana Desa bagi warga yang berdomisili di Desa.

“Sehingga jumlah total keluarga penerima bansos JPS seluruhnya adalah 101.099 KK untuk masyarakat Musi Banyuasin yang terdampak,” tambahnya

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa menyerahkan secara simbolis bantuan langsung tunai (BLT) dana desa tahun 2020. Saya minta kepada seluruh Camat dalam Kabupaten Muba untuk melakukan pendampingan dalam hal pembagian, serta pengawasan BLT dana desa dengan melibatkan unsur Forkompicam diwilayahnya masing-masing, sehingga pembagian bantuan langsung tunai dana desa di Kabupaten Muba tahun 2020 tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat di tengah menghadapi pandemi Covid-19 ini. Kalau pandemi ini sudah selesai kita lanjutkan lagi Pembangunan di kecamatan Jirak Jaya ini. Tapi sekarang kita harus fokus dulu untuk mengatasi dampak Covid-19 ini,”ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas PMD Musi Banyuasin Richard Cahyadi AP mengatakan untuk wilayah Kecamatan Jirak Jaya ada 2.035 KK penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dengan total BLT keseluruhan Kecamatan Jirak Jaya sebesar 3,66 Milyar.

” Sedangkan untuk BLT Desa Baru Jaya Kecamatan Jirak Jaya jumlah penerima sebanyak 137 KK atau sebesar Rp. 247.494.900,- dan sesuai arahan Pak Bupati langsung diserahkan hari ini juga”, jelasnya.

Terpisah, Wahyu Rahmi A salah satu warga Dusun 4 desa Baru Jaya, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Muba terutama pada Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin yang sangat peduli, bijaksana dalam menyikapi dan mengatasi dampak Corona.

“Kami warga Jirak Jaya mengucapkan terima kasih sekali kepada Bupati Dodi Reza Alex Noerdin, Wabup Beni Hernedi beserta jajaran Pemkab Muba yang sangat peduli, dan juga mengucapkan terima kasih atas bantuannya. Bagi kami bantuan ini sangatlah berarti. Semoga Pemkab Muba semakin terdepan maju berjaya,”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here